Sebab-Sebab Terjadinya Insiden / Kecelakaan

Sebab-Sebab Terjadinya Insiden / Kecelakaan


Insiden atau kecelakaan merupakan hal yang tidak kita inginkan dan harapkan terjadi. Tiap insiden atau kecelakaan pasti ada kerugiannya. Kerugian mulai dari kerugian harta maupun jiwa. Kita baru menyesal jika insiden atau korban telah membuat hal yang paling berharga dalam hidup hilang. Nah maka dari itu penting setiap jenis usaha apapun menerapkan prinsip-prinsip bekerja aman.
Berdasarkan konsep penyebab kecelakaan yang dikembangkan oleh Frank E, Bird Jr dan George L. Germain yang dikutip dari Bukunya " Practical Loss Control Leadership "yang terkenal dengan teori dominonya.

Sebelum terjadinya kecelakaan dan mengakibatkan kerugian, terlebih dahulu ditandai dengan rentetan beberapa faktor penyebab yaitu :

1. Kurang Pengendalian
 Meliputi beberapa hal :
- program tidak mencukupi
- program tidak cukup standar
- program tidak cukup pemenuhan

2. Penyebab Dasar
Dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu
- faktor manusia
-faktor pekerjaan

3. Penyebab Langsung
Terdiri dari 2 penyebab
- kondisi tidak standar/ unsafe condition
-tindakan tidak aman / unsafe act

4. Insiden
5. Kerugian
Berikut ini gambaran teori domino,
Nah dengan belajar teori domino ini maka kita dapat mencegah kerugian dengan cara memperbaiki control pengawasan, membuat schedule inspeksi untuk mengidentifikasi bahaya bahaya kerja dilingkungan kita serta upaya pengendaliianya. Pastikan setiap pekerjaan terdapat prosesur bekerja aman. Pastikan bawahan mengikuti peritah kerja aman dari atasan atau supervisor. Tidak kalah pentingnya pastikan pekerja dalam kondisi sehat dalam bekerja dan jangan memaksakan diri bekerja jika sakit.

Insiden dapat dicegah selama kita hati2 dalam bekerja dan pahami dan kendalikan bahayanya.
Salam safety.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pedoman Pemeriksaan Harian Kendaraan (P2H) Pre Start Check

Uji Fatique / Kelelahan Dengan Metode Romberg Test

Kedisiplinan Menggunakan APD